3 Tips Dalam Membeli Mobil Bekas Terbaik

Mobil bekas murah semisal harga mazda cx30 sepertinya masih menjadi pilihan yang cukup tinggi di pasar otomotif Indonesia. Meskipun mobil baru dan masih dipasarkan di dealer memiliki beberapa jenis dengan harga yang mulai terjangkau dengan opsi kredit yang bertujuan untuk meringankan pelanggan potensial, tetapi mobil bekas lebih menggoda dengan harga yang mungkin lebih terjangkau. Apalagi jika kita ingin bersabar dan lebih teliti, bukan tidak mungkin kita bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga terjangkau tetapi memiliki kualitas yang sangat baik.

Namun pasar mobil bekas yang ramai terkadang mengundang dealer mobil bekas yang nakal dan ingin mencari untung lebih banyak. Mobil yang terlihat masih ramping dan terawat baik, belum tentu menggambarkan kondisi mobil yang sebenarnya. Terutama bagi kita yang memiliki dana terbatas, membeli mobil bekas yang ternyata bermasalah akan membuat kita menghabiskan lebih dalam lagi untuk memperbaiki kerusakan dan kekurangan mobil.

Sebagai calon pembeli, ada baiknya kita menentukan batasan dan mempelajari beberapa hal sebelum mengusulkan mobil bekas yang kita kejar. Berikut ini beberapa tips membeli mobil bekas yang cukup sederhana. 

  1. Tentukan Batas Anggaran dan Jenis Mobil

Umumnya orang membeli mobil bekas karena keterbatasan uang atau dana yang akan dialokasikan untuk memiliki mobil. Karena itu, lebih baik menentukan anggaran atau batas maksimum yang akan Anda alokasikan untuk membeli mobil. Dan jangan lupa untuk memastikan apakah alokasi dana hanya untuk membeli mobil, atau juga termasuk untuk perawatan pertama setelah membeli mobil. Misalnya, untuk melakukan servis ringan, peremajaan beberapa suku cadang atau sekadar mengganti ban baru.

Setelah bujet, maka selanjutnya adalah menyesuaikan dengan jenis mobil yang diinginkan. Ada banyak jenis mobil, keluaran tahun, model untuk hal-hal lain yang berkaitan dengan kebutuhan kita untuk mobil-mobil ini. Misalnya, mobil berumur setahun untuk mereka yang ingin memiliki mobil jenis retro, mobil MPV untuk mereka yang membutuhkan kendaraan keluarga, atau mobil sedan / hatchback dengan transmisi otomatis karena Anda akan menggunakannya untuk bekerja. Dengan cara ini, Anda akan lebih tertarget saat mencari mobil yang diinginkan.

  • Pelajari Karakter Mobil yang Anda minati

Sangat penting untuk mengetahui karakter dan spesifikasi mobil yang akan Anda beli. Ini untuk menambah informasi dan pengetahuan Anda tentang mobil impian Anda. Jika Anda memiliki 3 pilihan mobil, pelajari ketiganya dengan baik. Dengan demikian, Anda tahu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pilihan Anda. Oh ya, jangan lupa untuk mempelajari harga jual mobil bekas yang Anda kejar.

  • Lihat Mobil Langsung, Cek Lengkap

Sangat disarankan untuk melihat dulu kondisi mobil yang dijual sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Dengan demikian Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi mobil secara langsung. Jangan lupa memperhatikan detail seperti perbedaan cat pada bagian mobil yang mungkin disebabkan karena mobil mengalami kecelakaan, atau sasis tidak lurus karena telah digulung. Beberapa teman mengatakan, memperbaiki mesin cenderung lebih murah daripada memperbaiki bodi mobil yang rusak. Maka sebisa mungkin, pilihlah mobil yang memiliki bodi yang masih cukup bagus dan tidak perlu perbaikan di awal.

Selanjutnya, jangan lupa untuk memeriksa kondisi mesin dan listrik mobil. Mulai mobil yang Anda lihat, lalu diamkan selama beberapa menit untuk melihat bagaimana mesin bekerja. Perhatikan hal-hal penting seperti asap yang keluar dari crackpot, lalu apakah ada suara aneh dari area mesin dan sebagainya. Jangan ragu untuk menekan gas dalam-dalam jika Anda mau