3 Tips Memilih Pintu Gebyok

Penerapan pintu gebyok sejatinya untuk rumah-rumah tradisional masyarakat jawa. Cuma saja sebagian orang yang berharap menggabungkan konsep modern dan tradisional, mengaplikasikan gebyok untuk rumah modern mereka. Kecuali memberi kesan tradisional, alasan unik dan berbeda juga menjadi karena pintu gebyok sungguh-sungguh disukai. Kalau Anda sedang berencana memakainya di rumah baru, berikut kiat memilih pintu gebyok terbaik:

Macam kayu yang diaplikasikan

Pintu gebyok ialah pintu rumah khas masyarakat jawa. Lazimnya diaplikasikan untuk rumah-rumah joglo khas keraton dan ningrat. Sejatinya gebyok ukir ini cuma mengaplikasikan macam kayu jati absah. Melainkan kian ke sini, pemakaian kayu jati mulai dikombinasikan dengan macam kayu lainnya yang dianggap lebih murah.

Kalau Anda tak berharap kecewa, pastikan cuma memilih pintu gebyok yang mengaplikasikan macam kayu jati. Pasalnya kayu jati ini mempunyai kelebihan pada struktur seratnya yang lebih keras. Kecuali itu kayu jati ini juga lebih kokoh sehingga sungguh-sungguh kuat membendung lembab dan serangan serangga. Lebih dari itu, kayu jati memberikan kesan mahal dan mewah seperti gebyok itu sendiri.

Ukiran pada pintu gebyok

Kecuali bahannya yang terbuat dari kayu, keunikan pintu gebyok berlokasi pada ukirannya. Eksistensi ukiran ini menjadi salah satu ciri khas pintu gebyok yang tak dimiliki oleh rumah tradisional lainnya di Indonesia. Untuk menetapkan pintu gebyok alternatif Anda tak sama dengan daerah lain, pilih ukiran yang unik dan edisi terbatas.

Pada dasarnya pemilihan ukiran pintu gebyok ini sendiri lebih gampang dijalankan seandainya Anda datang ke pengrajin seketika. Bukan ke kios yang lazimnya memasarkan gebyok dengan ukiran-ukiran terlalu umum dan banyak diperjualbelikan. Dengan datang ke pengrajin seketika, Anda bisa mengorder ukiran gebyok. Pun ukiran gebyok dapat jadi milik Anda pribadi, tak orang lain.

Ukuran pintu gebyok

Penerapan pintu gebyok untuk sekat sampai pintu depan rumah Anda memang memberi kesan klasik yang mewah. Melainkan perlu dikenal untuk memasang pintu gebyok ini bersama dengan bangunan rumah juga tak gampang. Ada banyak penyesuaian yang mesti dijalankan. Untuk itu pastikan memilih ukuran gebyok yang cocok dengan bangunan rumah Anda.

Ukuran gebyok yang pas akan membikin rumah lebih indah dengan elemen klasik yang sungguh-sungguh menarik. Kecuali itu ukuran gebyok ini juga berakibat pada harga. Kian besar ukuran gebyok, harganya akan kian mahal. Untuk itu amati dengan bagus kiat memilih pintu gebyok sehingga Anda tak salah pilih.