Advan Vandroid Gaia S4D – Ceria A la JKT48

Advan Vandroid Gaia S4D – Ceria A la JKT48

Game Ppsspp – Fans JKT48 pastinya familiar dengan ponsel ini. Yup, JKT48 memang brand ambassador untuk Vandroid Gaia. Terus, apa bagusnya Desain Seperti halnya penampilan anggota JKT48 yang selalu modis, bodi langsing Gaia tampak ceria dengan casing warna-warni menyolok. Permukaan casingnya kesat, dan tak mudah meninggalkan jejak jemari. Dimensinya cukup pas masuk dalam genggaman, dan ringan. Kinerja Tak ada antarmuka khusus. SINYAL mendapati pra-install BBM dan 4 game dari Gameloft (Danger Dash, Green Farm 3, Real Football 2014, dan World at Arms). Dari Advan sendiri ada Advan Store.

Kombinasi Android 4.2.2 dan prosesor quad-core ARMv7 1.2 GHz dengan RAM 512 MB menampakkan kisaran angka benchmark yang lumayan. Storage bisa diekspansi dengan slot microSD maupun USB OTG. Meski begitu, Gaia menunjukkan gejala lag ketika mulai dipenuhi aplikasi yang tak mau dipindah ke storage eksternal. Dengan pemakaian simpel, baterai mampu bertahan dari pagi sampai sore. Namun kalau banyak main game, atau motret, apalagi terus-menerus aktifkan WiFi, sebaiknya pastikan membekali diri dengan power bank. WiFi dilengkapi hotspot dan tethering via USB maupun Bluetooth. Kedua slot GSM bisa dipakai bergantian untuk mengakses internet.

Multimedia Layar 4.7 inch-nya gunakan IPS yang sudah dukung qHD. Dukung 5 titik sentuh, responnya cukup sensitif. Tak ada pengaturan otomatis untuk brightness. Di sisi lain, ada fi tur Wireless display yang bisa dipakai untuk presentasi. Ukuran layar segitu sudah cukup lega untuk nonton fi lm atau klip musik. Video Player siap diberdayakan untuk hal tersebut.Sayang, kadang gagal baca format 1080p. Bisa buka format 3D, tapi dimensinya tak muncul.

Untuk penyuka musik, sila gunakan Music yang sudah dilengkapi equalizer. Sekadar iseng, bisa main-maing dengan Shake switch song untuk pindah lagu dan Skin set untuk latar tampilan. Lebih suka radio Colokkan earset untuk aktifkan FM Radio. Kalau ada yang disukai, kita pun bisa rekam siarannya. Audio yang keluar dari speaker maupun earset terdengar jernih. Equalizer merupakan andalan pemoles hasilnya.

Kamera Kemampuan kamera 8 MP + 3 MP sudah lebih dari cukup untuk selfi e maupun rame-rame. Tak tampak panorama, misalnya, yang biasanya termasuk standar. Namun fi tur untuk foto sudah cukup banyak. Di antaranya tampak sejumlah opsi scene mode, ada self timer, burst shot, dan ISO watching. Berbeda dengan fi tur untuk video yang tampak sepi, bahkan bisa dibilang tak ada apa-apanya. Untuk melihat hasilnya pun kita harus keluar dulu dari Camera, lalu buka Gallery.

Hasil foto maupun videonya sendiri termasuk bagus. Warna objek foto sedikit gradasi biru namun masih tampak alami. Detil objek foto pun masih tergolong tajam untuk kelasnya. Gerakan objek pada rekaman video tampak mulus ketika dibaca di komputer. Namun perlu banyak latihan dan trik untuk pemotretan jarak dekat dan minim cahaya. Foto gampang diedit dan opsinya banyak. Sementara video tak bisa diapa-apakan. Foto dan video bisa di-share ke media sosial.