Ayo Selamatkan Lingkungan Kita Dengan Benahi Cara Penanganan Sampahnya

Cara penanganan sampah yang salah, ternyata bukanya membuat lingkungan jadi bersih, malah bisa mendatangkan masalah baru nantinya. Salah satu contoh paling sering yang dilakukan oleh masyarakat yang sebetulnya itu adalah hal yang keliru adalah yang melakukan pembarakaran sampah.

Niatnya mungkin baik karena ingin memusnahkan sampah. Padahal dengan kita membakar, pasti malah membuat polusi udara. Dan asap sampah yang kepulannya warna hitam itu, mengandung zat – zat berbahaya yang sangat tidak baik ketika terhirup oleh indera penciuman kita.

Makanya, agar tidak salah dalam menangani sampah, berikut ini adalah hal – hal yang harus diperhatikan dalam hal penanganan sampah.

  1. Pisahkan sampah sesuai jenis- jenisnya

Langkah – langkah yang simple tapi kadang sering dilupakan oleh kebanyakan orang adalah memisahkan sampah sesuai jenisnya. Terkadang memang kita sudah sangat dipermudah dengan adanya tong sampah pilah dengan tulisan sesuai dengan jenis sampah tampungannya.

Namun karena kebiasaan dan mungkin ketidakpedulian kita terhadap hal tersebut, membuat kita dengan enaknya membuang sampah tidak sesuai jenisnya dan tidak dibuang di tempat sampah organik dan anorganik.

Padahal dengan begini malah nanti sampahnya malah jadi sulit untuk didaur ulang.

Yang paling harus diperhatikan adalah pemisahan sampah organic dan juga anorganik.

  • Kelola kembali sampah organic

Sampah organic adalah salah satu sampah yang paling mudah untuk didaur ulang. Paling sering sampah organic itu didaur ulang menjadi pupuk kompos. Pupuk kompos tentu sangat bagus untuk kamu berkebun atau apabila kamu tidak berkebun, kamu bisa menjualnya. Lumayan bukan untuk tambah – tambah penghasilan ?

  • Daur ulang kembali sampah anorganik

Sampah yang paling banyak bisa dikreasikan untuk dijadikan sebagai kerajinan atau benda – benda siap pakai adalah sampah anorganik. Ya, mulai dari sampah kertas, sampah plastik, sampah botol, kaleng minuman, kardus, dll.

  • 3R ( Reduce, Reuse, Recycle )

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan barang – barang bekas untuk digunakan kembali. Dan pastinya, kelola dan daur ulang kembali barang – barang yang sekiranya masih bisa digunakan.

Nah itu lah beberapa hal mengenai penanganan sampah yang harus kita terapkan sejak sekarang. Jangan sampai ketidakpedulian kita terhadap masalah sampah malah merusak lingkungan dan akhirnya kita juga yang terkena dampaknya.