Bagaimana Penanganan Sampah di Lingkunganmu?

Jumlah sampah yang dibuang pada tong sampah besar kian hari semakin meningkat. Tidak hanya dari aktivitas rumah tangga saja, nyatanya aktivitas produksi pun menyumbang jumlah yang cukup signifikan.

Lantas bagaimana penanganan sampah di lingkunganmu? Yuk kenali penanganan yang bijak.

Sebagai makhluk yang kreatif tentu mengharuskan manusia untuk senantiasa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar termasuk juga dalam hal penanganan lingkungan tersebut.

Perlu kita ketahui bersama bahwa jumlah sampah akibat adanya aktivitas harian kian hari semakin meningkat. Jumlah tersebut merupakan sumbangan dari aktivitas rumah tangga dan produksi.

Untuk itu perlu adanya upaya pencegahan agar dampak sampah dapat diminimalisir dengan baik. Kira-kira bagaimana penanganan sampah yang baik? Berikut akan dibahas secara detail.

Rincian Penanganan Sampah Secara Bijak

Lebih baik mencegah daripada terlambat, hal tersebut memang benar adanya. Namun, jika terpaksa hal tersebut sudah terjadi, maka kita dituntut untuk sigap dalam menangani suatu permasalahan tersebut.

Salah satunya terkait masalah sampah. Berikut beberapa upaya penanganan sampah yang dapat Anda lakukan.

1.      Pisahkan Sampah Berbahaya

Anda dapat melakukan pencegahan akan hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Adapun upaya tersebut yakni dengan melakukan pemisahan jenis sampah yang berbahaya dengan tidak, seperti batu baterai.

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa batu baterai mengandung senyawa kimia yang berbahaya jika penanganannya kurang tepat.

2.      Penanganan Sampah Organik dan Non Organik

Kedua jenis sampah tersebut memiliki konsep penanganan yang berbeda. Untuk itu, Anda diharuskan bijak dalam mengelola kedua sampah tersebut.

Upaya tersebut dapat Anda mulai dengan membuat tempat sampah yang berbeda untuk memisahkan keduanya. Gambar tong sampah lucu dapat Anda coba untuk menumbuhkan kesadaran membuang sampah pada tempatnya sejak dini.

3.      Tekankan Konsep Daur Ulang

Khusus upaya ini hanya dapat dilakukan untuk jenis sampah non organik. Sedangkan untuk sampah organik dapat Anda lakukan dengan pembuatan pupuk kompos melalui serangkaian proses fermentasi.

Sampah non organik memang sulit untuk diuraikan, sehingga akan lebih cocok jika dilakukan upaya daur ulang dengan membuat beberapa kreatifitas dan karya seni yang bernilai ekonomis.

Terdapat banyak sekali penanganan sampah secara bijak yang dapat Anda lakukan. Salah satu bentuk cara penanganan sampah secara efektif yakni dengan membatasi penggunaan produk sekali pakai agar tidak menambah produksi sampah dalam negeri. Semoga bermanfaat.