Ini Dia Cara Membuat Nasi Kuning Dengan Menggunakan Rice Cooker

Jika sudah biasa memasak dengan menggunakan rice cooker mungkin akan agak terasa sulit jika membuat nasi dengan cara tradisional. Seperti membuat nasi kuning pun bisa dibuat dengan menggunakan rice cooker.

Hidangan nasi kuning biasanya identik dengan suatu acara tertentu, seperti syukuran, atau bisa juga acara seminar, meeting, menu makan siang dengan memesan nasi box murah dari jasa catering.

Kelezatan dari nasi kuning yang selalu dirindukan membuat nasi kuning memiliki banyak penggemar.

Berikut ini tips sederhana yang bisa dilakukan jika ingin mengolah nasi kuning dengan menggunakan rice cooker supaya nasi yang dibuat pulen, gurih dan nikmat.

  • Memilih beras yang cocok dan tepat untuk membuat nasi kuning, beras yang pulen seperti beras pandan wangi atau bisa juga menggunakan beras rojolele.
  • Lalu cuci beras sampai bersih dan rendamlah beras terlebih dahulu supaya lebih cepat matang.
  • Jika sudah masukkan beras kedalam rice cooker, perhatikan dengan baik takaran air yang digunakan  dan sesuaikan dengan banyaknya beras serta sifat dari beras itu sendiri.
  • Masukkan santan terlebih dahulu sebelum air, supaya nantinya jumlah air bisa disesuaikan dengan pas.
  • Tambahkan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan, sebaiknya untuk mempermudah bumbu tercampur dengan beras bumbu dilarutkan telebih dahulu dengan air.
  • Aduk hingga bumbu tercampur dengan rata, lalu tambahkan dengan daun salam dan daun serai untuk menambahkan aroma pada nasi kuning. Jangan lupa menambahkan penyedap rasa, supaya rasa nasi kuning menjadi lebih gurih.
  • Nyalakan rice cooker lalu tutup rapat, jangan sampai ada udara yang masuk kedalam rice cooker karna memiliki potensi nasi akan menjadi cepat basi.
  • Supaya hasilnya lebih maksimal saat nasi sudah matang, segera aduk nasi supaya uap yang berada disekitar nasi bisa tersebar rata. Hal ini dilakukan untuk mengurangi nasi yang menggumpal atau kering, dengan seperti ini hasilnya pun akan sama dengan membuat nasi kuning menggunakan cara tradisional.

Tidak masalah jika ingin menggunakan cara tradisional atau menggunakan rice cooker. Tapi jika untuk kebutuhan catering nasi box tentunya akan lebih cepat jika dibuat dengan menggunakan rice cooker.