Jenis Genre Musik di Dunia dari Masa ke Masa

Genre musik yang tersebar di penjuru dunia sangat banyak. Apakah Anda mengetahui apa saja jenis dan perbedaannya? Simak ulasan ini untuk penjelasan lebih lanjut.

Genre musik sudah muncul sejak jaman dulu. Pada zaman tersebut, download musik terbilang sangat sederhana. Meski sederhana dan hanya menggunakan alat seadanya, musik mendatangkan kegembiraan bagi yang mendengarkan. Apakah Anda mengetahui apa saja genre musik di dunia dan bagaimana perkembangannya? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Jenis Genre Musik dan Perkembangan dari Masa ke Masa

Genre musik yang kini tersebar di seluruh dunia sangat beragam. Hal ini disebabkan perkembangan dari masa ke masa. Kini musik menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hidup kita. Secara umum, musik terbagi menjadi 3 macam, yakni musik klasik, musik populer dan musik tradisional. Kali ini akan dibahas mengenai jenis musik populer. Berikut adalah beberapa jenis musik populer

1. RnB

RnB merupakan singkatan dari Rhythym and Blues. Jenis ini merupakan gabungan dari beberapa musik, misalnya jazz, pop, blues dan gospel. Jenis-jenis music di dunia ini dimainkan pertama kali pada tahun 1940 oleh masyarakat Afrika. Karena terbilang easy listening, musik RnB mudah diterima oleh berbagai kalangan. Kini musik RnB kerap dipadu dengan hip hop sehingga terkesan lebih modern.

2. Jazz

Jazz timbul karena beberapa alat musik dimainkan bersama sehingga menimbulkan bunyi yang baru. Musik jazz sarat akan nilai elegan dan terkesan berkelas. Tak heran jika musik jazz digemari oleh kalangan tertentu, Alat musik yang digunakan antara lain piano, gitar, trombone, terompet dan saksofon. Alat tersebut menjadi ciri khas dari musik jazz. Jazz muncul di Indonesia pada tahun 1930. Salah satu musisi Indonesia khusus jazz yang terkenal adalah Indra Lesmana.

3. Pop

Musik pop merupakan salah satu jenis musik yang mencerminkan nilai-nilai modern. Selain itu, genre musik pop juga cenderung easy listening bagi semua kalangan. Salah satu jenis musik yang mendominasi di ranah dunia hiburan adalah musik pop. Tak heran jika musik satu ini tak lekang oleh waktu.

4. Blues

Blues dalam hal ini memiliki arti frustasi atau rasa sedih. Karena bunyinya mirip dengan musik jazz, tak heran jika kedua musik ini kerap disamakan. Bunyinya memang relative mirip karena alat musik yang digunakan sama. Namun, ada perbedaan yang berarti, yakni musik blues lebih pelan dan mendayu-dayu. Musik ini muncul pada tahun 1910 serta digunakan untuk mengungkapkan perasaan di kawasan Afrika dan Amerika.

5. Gospel

Musik gospel merupakan salah satu musik yang kurang familiar. Hal ini disebabkan lagu-lagu yang termasuk dalam musik gospel tidak kerap didengarkan sehari-hari. Namun, jenis musik ini mudah ditemukan, karena digunakan pada ibadah umat kristiani. Musik satu ini didominasi olh vocal dan warna musik merupakan gabungan dari berbagai genre. Awalnya musik gospel digunakan dalam gereja saja, namun seiring waktu mulai diperkenalkan di luar gereja.

6. Rock

Jika genre musik yang telah disebutkan sebelumnya merupakan musik yang berkesan lembut atau ceria, musik rock merupakan kebalikannya. Musik rock cenderung keras dan terus berkembang. Kini muncul jenis baru, misalnya hard rock, alternative rock, punk rock dan progressive rock. Genre musik yang mirip dengan musik rock adalah musik metal. Bedanya, musik metal lebih keras lagi.

Itulah beberapa genre musik yang tersebar di penjuru dunia. Masih ada beberapa genre musik lagi, yakni reggae, techno dan elektronik. Musik reggae terkesan santai namun membuat pendengar ingin bergerak bebas. Sedangkan musik techno dan elektronik merupakan musik yang disempurnakan dengan tambahan alat musik yang lebih modern.