Keindahan Arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah, Peta Lokasi

Mesjid Agung Jawa Tengah adalah salah satu mesjid di Jawa Tengah yang amat besar dan megah. Mesjid ini menjadi sebuah mesjid pujian dari masyarakat Semarang. Filosofi dan arsitektur Mesjid Agung Jawa Tengah hal yang demikian juga cukup menarik dan unik. Salah satu hal yang membuatnya menarik ialah adanya payung yang mirip dengan payung yang ada di Mesjid Nabawi di Madinah.

Para pelancong tentunya akan dijadikan terpukau dengan estetika mesjid yang kokoh dan megah hal yang demikian. Ditambah lagi dengan kemegahan dari pesona mesjid yang dilengkapi dengan arsitetur yang amat cantik. Keindahannya tulah membikin para pelancong berkunjung serta beribadah menjadi lebih hening. Apabila Anda penggemar tamasya religi, karenanya Anda dapat menciptakan Mesjid Agung Jawa Tengah sebagai tujuan tamasya.

Mesjid yang letaknya ada di sentra Kota Semarang hal yang demikian memang cukup unik. Pemilihan gaya arsitekturnya diambil dari perpaduan jawa, arab dan romawi. Yang itu dapat dipandang dari wujud bangunan serta interior dari mesjid hal yang demikian. Pada komponen atap serta dasar tiangnya dijadikan dengan motif batik yang menampakkan ciri khas Jawa dari Indonesia.

Berdasarkan web dolanyok.com, Mesjid ini juga amat mirip dengan Mesjid Nabawi di Madinah. Dengan adanya 6 payung elektrik yang berprofesi otomatis berukuran raksasa. Yang itu memang meniru gaya mesjid hal yang demikian. Payung ini ada 6 buah yang menampakkan 6 rukun iman bagi umat islam. Payung eletrik ini umumnya akan terbuka saat salat jumat, idul fitri, idul adha, maulid nabi, dan salat gerhana. Mesjid dikala-dikala tertentu saja payung akan terbuka.

Di daerah ini, para pelancong bisa beribadah dengan hening. Anda juga mengambil foto dan video sambil menjelajahi mesjid. Ada banyak titik menarik yang bisa memanjakan para pelancong. Salah satu pesona mesjid Agung Jawa Tengah yaitu menara asmaul husna. Menara ini menampakkan asmaul husna dengan ketinggiannya menempuh 99 meter serta terdiri dari 19 lantai.

Fasilitas Mesjid Agung Jawa Tengah

Di mesjid agung ini ada bermacam fasilitas yang bisa diterapkan para pengunjung, salah satunya yaitu penginapan. Di wilayah mesjid hal yang demikian, para pengunjung bisa menginap di wisma yang menyampaikan 23 kamar yang bisa dipilih. Wisma hal yang demikian umumnya diterapkan para peziarah yang berharap bermalam.

Ada juga perpustakaan dengan bermacam ragam buku islam dari segala penjuru dunia. Kemudian ada ruang akad nikah, aula serta pemandu tamasya yang dapat mengantarkan untuk menjelajahi wilayah mesjid. Apabila itu, ada pula museum kebudayaan islam yang berlokasi di zona menara al husna.

Di sekitar mesjid juga terdapat sebagian warung cinderamata serta buah-buahan yang bisa dikunjungi. Ada pula sarana bekam untuk kesehatan tubuh. Apabila mencari sarana hiburan atau daerah hangout, karenanya dapat menuju ke arah air mancur serta ajang permainan buah hati dan kereta kelinci yang bisa mengantarkan pengunjung untuk menelusuri mesjid, saat di malam hari, mesjid ini akan kelihatan amat cantik.

Anda juga dapat menemukan bedug raksasa berukuran 310 cm serta diameter 220 cm. Bedug hal yang demikian adalah replika bedug pendowo purworejo. Bedug ini dijadikan oleh para santri pesantren Alfalah, Tinggarjaya. Bedugnya terbuat dari kulit lembu Australia. Mesjid tongkat khatib yang ada di mesjid besar ini adalah pemberian sultan Brunei Darussalam.

Peta Lokasi Mesjid Agung Jawa Tengah

Anda perlu tau letaknya lebih dahulu bila berharap berkunjung ke tamasya ini. Letak mesjid agung hal yang demikian ada di sentra kota yang berdekatan dengan Simpang Lima, tepatnya berada di Jalan Gajah Raya, Gayamsari, Sambirejo, Kota Semarang, Jawa Tengah. Apabila ke daerah ibadah ini terbilang amat gampang, Anda dapat mengunjungi dengan kendaraan pribadi atau kendaraan awam. Ingin kesusahan menemukannya, dapat memakai google maps pada smartphone untuk memperjelas letaknya.

Mesjid beribadah di Mesjid Agung Jawa Tengah ini? Apabila Anda sedang berada di Kota Semarang, karenanya sempatkan untuk mengunjungi ke mesjid yang megah ini.