Komunitas Mama Membaca dan Bercerita

generasimaju.com – Mama, pernahkah membacakan cerita untuk buah hati? Setuju ya Mam, kalau aktivitas ini menyimpan begitu banyak manfaat. Dengan dibacakan cerita, misalnya, minat baca anak akan bangkit. Mendongeng atau membacakan cerita juga akan menambah erat hubungan kita dan buah hati. Komunikasi kreatif juga bisa diciptakan saat mendongeng, karena pada saat itu kita dapat memasukkan berbagai nasihat, pesan, dan ajaran pada si kecil tanpa terkesan menggurui.

Dongeng/cerita pun telah lama dipercaya dapat membantu mengembangkan imajinasi anak, meningkatkan keterampilan berbahasa, mengasah kecerdasan emosional, dan nilai-nilai positif lainnya. Secara tidak langsung, dongeng juga diyakini akan meningkatkan kecerdasan anak. Karena pada saat anak mendengarkan cerita, ia akan berusaha memahaminya serta menyimpan dalam memori otaknya. Inilah yang akan menstimulasi kerja otak.

DIDIRIKAN BERTEPATAN HARI IBU

Melihat akan banyaknya manfaat dari membacakan cerita, dua ibu muda yaitu Vanda Yulianti dan Febria Silaen terdorong untuk membentuk komunitas Mommiestories. Vanda yang menjadi ketua komunitas memiliki latar belakang profesi di bidang media dsekaligus aktif sebagai penulis ­ ksi anak versi cetak maupun digital. Tak ajuh berbeda, Febria, wakil ketua komunitas Mommiestories, pun berlatar belakang dunia kepenulisan di bidang media parenting.

Komunitas Mommiestories sendiri didirikan bersamaan dengan Hari Ibu, yaitu 22 Desember 2013. Penamaan Mommiestories merupakan penggabungan dari dua kata “Mommie” dan “stories”, yang diartikan sebagai cerita para Mama. Cerita di sini tak melulu dongeng atau ­ ksi, tetapi juga tentang keseharian para Mama. Misalnya, ketika Mama bekerja di kantor, ketika berbelanja ke pasar, dan sebagainya.

BERAGAM KEGIATAN

Mommiestories memiliki kegiatan beragam, baik berupa aktivitas online maupun o­ ine. Lewat Facebook, Twitter dan websitenya, Mommiestories kerap menyebarkan informasi-informasi parenting terbaru dan melemparkan berbagai kuis berhadiah. Untuk kegiatan o­ inenya Mommiestories telah mengadakan workshop penulisan untuk para mama dan anak-anak.

Workshop juga dilakukan dalam bentuk roadshow ke sekolah-sekolah, komunitas, bahkan mal. Pada setiap kegiatan workshop, para peserta akan diberi kesempatan untuk mengirimkan cerita tentang berbagai pengalaman yang didapat selama workshop berlangsung. Cerita yang terpilih akan mendapatkan hadiah menarik.

KE SELURUH INDONESIA

Ke depannya, Mommiestories berharap dapat melakukan berbagai kegiatan kreatif, seperti pelatihan menulis mapun story telling, ke seluruh Indonesia. Jumlah anggota komunitas Mommiestories kini lebih dari 100 orang dan tersebar di seluruh Indonesia. Ibu mana pun bisa menjadi anggota. Dengan bergabung, para mama diharapkan dapat terserang “virus” mendongeng, bercerita, dan kemampuan menulis.