Perjalanan Karir Mamamoo, Girlgroup dengan Segudang Prestasi

Pada tahun 2014, genre K-Pop mengalami jenis baru dengan debutnya sebuah grup yang terdiri dari empat penyanyi Korea Selatan yang dikenal karena memiliki konsep retro, jazz, dan R&B untuk memuji vokal mereka yang mengejutkan. Grup musik ini bernama Mamamoo, disatukan oleh RBW entertainment, sebuah perusahaan hiburan milik Kim Jin Woo dan Kim Do Hoon.

Saat mempersiapkan debut, grup ini bekerja sama dengan artis lain untuk merilis beberapa kolaborasi yang diakui secara kritis. Pada 8 Januari, lagu pertama yang dirilis berjudul “Don’t Be Happy” featuring Bumkey. Kemudian pada 11 Februari, rilis kedua ini featuring K.Will dan Wheesung, berjudul “Peppermint Chocolate” berhasil menduduki peringkat ke-11 di Gaon Digital Chart saat minggu pertama rilis.

Tepat sebelum Mamamoo akan debut, mereka melakukan kolaborasi lain, kali ini, dengan duo rap Geeks. Lagu berjudul ‘HeeHeeHaHeHo” dirilis pada 30 Mei. Pada 19 Juni 2014, Mamamoo memulai debutnya dengan single “Mr. Ambiguous”, keluar bersamaan dengan album mereka (EP) Hello.

Mamamoo adalah sebuah girlgroup asal di Korea Selatan, lahir pada tahun 2014 oleh Rainbow Bridge World (RBW) Entertainment. Grup ini terdiri dari empat anggota yang terdiri dari; Solar, Moonbyul, Wheein dan Hwasa. Setelah membuat grup, mereka tidak membuang waktu untuk menghasilkan popularitas tanpa beberapa kolaborasi dengan artis terkenal seperti K.Will dan Bumkey.

Siap menjadikan dunia sebagai panggung mereka, para anggota debut pada Mei 2014 dengan merilis lagu yang sangat hit (Mr. Ambiguous) dari EP debut mereka (Hello). Grup ini tampil secara langsung di atas panggung di M! Countdown Episode 19 Juni dan pada bulan Juli, mereka mengadakan konser gerilya di Universitas Hongik di Hongdae, Seoul.

EP kedua oleh Mamamoo berjudul ‘Piano Man’ dirilis pada 21 November, dengan judul lagu yang membuatnya menjadi nomor 41 di tangga lagu Digital Gaon. Mereka menutup tahun pertama mereka sebagai sebuah grup dengan sebuah ledakan – mereka menjadi yang kesepuluh di tengah-tengah girl grup idola untuk penjualan digital, mengambil posisi ke-19 dalam penjualan album, dan ke-11 dalam penjualan keseluruhan. Peringkat diputuskan pada peringkat akhir tahun Gaon.

2015 datang dengan lebih banyak kesuksesan dan tonggak untuk Mamamoo – mereka merekam tiga lagu pertama mereka di tangga lagu Gaon dan juga menjadi hit di internasional. Mamamoo tampil di negara lain – Mongolia, setelah merilis single berjudul ‘Ahh Oop!’ dari EP ketiga mereka berjudul “Pink Funky”.

Sementara “Ahh Oop!” dirilis 2 April 2015, “Pink Funky” rilis pada 19 Juni. Juga di tahun 2015, para anggota Mamamoo pergi ke Los Angeles, Amerika Serikat, untuk bertemu dengan penggemar mereka. Memang tahun yang istimewa, Mamamoo menutupnya dengan kemenangan pertama mereka di seluruh kompetisi musik Immortal Song dengan 404 poin.

Pada tahun 2016, 7.000 tiket terjual habis untuk konser pertama Mamamoo yang mereka sebut “2016 Mamamoo Concert-Moosical”. Grup ini juga merilis album studio full-length pertama mereka – ‘Melting’, pada 26 Februari dan menempati peringkat nomor 3 di tangga lagu Gaon. Selain itu, “You’re the Best”, lagu hit di album ini menjadi nomor satu ‘pertama’ mereka setelah naik dari nomor tiga ke atas. Mereka juga beberapa kali tampil di Austin Texas dan Newark, New Jersey.

Pada tahun 2017, konser kedua bernama “2017 Mamamoo Concert Moosical: Curtain Call” menjadi kenyataan dan EP “Purple” kelima mereka dirilis pada 22 Juni. Seperti yang diharapkan, judul lagu “Yes I Am”, memuncak di puncak tangga lagu real-time Melon . Lagu ini juga memecahkan rekor yang ada dan menetapkan rekor baru untuk jumlah pendengar tertinggi dalam 24 jam untuk sebuah girlgroup.

Mamamoo juga naik ke posisi teratas di Billboard’s World Album Charts. EP keenam berjudul “Yellow Flower” dirilis pada 7 Maret 2018, diikuti oleh EP ketujuh mereka “Red Moon” pada 16 Juli 2018. Kedua EP tersebut mendapatkan respon baik dalam tangga lagu.