Wiring Diagram RX King Yang Harus Anda Ketahui: Skema CDI

Yamaha RX King sudah berumur 23 tahun dan karena umurnya yang sudah cukup tua sangat penting untuk mengetahui wiring diagram RX King sehingga apabila terjadi kerusakan mesin, anda sudah tahu skema kelistrikannya. Walaupun umurnya sudah cukup tua, namun motor yang satu ini peminatnya tidak pernah sepi. Salah satu alasan kenapa Yamaha RX King sangat diminati adalah motor ini memiliki tekonologi YEIS yaitu Yamaha Energy Induction System. Jadi walau hanya memiliki tenaga sebesar 135 cc, kecepatannya tidak kalah dengan motor yang memiliki cc besar.

                Dengan kekuatan yang besar, Yamaha RX King bisa melaju dengan kencang. Tapi kecepatan motor ini dibatas dengan CDI limiter yang akan membatas kecepatan motor ketika melaju. Tujuannya tentu saja untuk menjamin keselamatan pengendara sepeda motor sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan ketika berkendara. Namun tak jarang pemilik Yamaha RX King akan mengganti CDI limiter dengan CDI Unlimiter, tidak hanya untuk berkendara harian namun juga digunakan untuk mengikuti balap drag sepeda motor. Padahal jika mengganti CDI maka harus mengubah beberapa bagian lainnya seperti melakukan porting di head dan bore up piston dengan ukuran yang lebih besar dari yang standar.

                CDI digunakan untuk mengganti sistem pengapian magent, jadi modul CDI bisa memberika percikan api yang lebih stabil sehingga mampu mempertahankan titik poin yang tepat, awet, tidak butuh perawatan yang ribet, tidak perlu dilakukan penyetelan dan tidak perlu diganti secara berkala. Judi capsa online tidak jauh berbeda dengan CDI sepeda motor lainnya. Generator yang akan memproduksi tegangan tinggi untuk mengisi kapasitor ada didalam modul CDI. Nantinya trigger coil atau kumparan pemicu akan memberikan sinyak kepada generator untuk melepaskan tegangan tinggi yang nantinya akan ditampung di kapasitor dan diteruskan ke ignition coil. Nantinya kill switch akan memhentikan arus tegangan tinggi dari generator sehingga sistem pengapian tidak akan bekerja, selain itu kill switch juga berfungsi untuk mengalirkan tegangan dari generator untuk dibuang ke massa.